Laman

Rabu, 18 Mei 2011

budidaya semut rangrang ''kroto



Dari sekian banyak kesalahan yang selalukita lakukan sehari hari,pasti ada kebaikan

yang menyelip di hati kita,semut rangrang merupakan mahluk hidup yang kadang sering mengganggu kita,tetapi sangat banyak sekali keuntungannya bagi
kita,semut rangrang merupakan predator
penyakit tumbuhan,seperti ulat bulu yang
sekarang sekarang ini banyak sekali di
perbincangkan di tv tv,dan bahkan
keganasan ulat bulu sekarang ini
merupakan hal yang sangat serius yang
perlu kita pahami bersama.
Dengan semakin sedikitnya predator ulat
bulu semakin gampangnya ulat bulu
berkembang,jadi sekarang ini mulailah kita
sadar terhadaplingkungan kita.dengan kita
sadar membudidayakan semut rangrang ini
mungkin kita bisa sedikit mengurangi
penyakit tanaman pada tumbuhan yang
kita pelihara,semut rangrang ini bisa
dibudidayakan,secara
tradisional maupun secara
intensip.budidaya semut
rangrang secara tradisional bisa kita
kembangkan dengan memindahkan
segerombolan atau sarang dari pohon yang
satu kepohon yang lainya.
dalam budidaya semut rangrang secara
intensif saya terobsesi ketika ingat
pengalaman saya ketika waktu kecil,
sekitar beberapa th yang lalu, aku sering
bermain dengan semut rangrang dan
waktu itu saya memasukan segerombolan
semut rangrang pada tabung bambu, dan
tabung bambu itu saya taro pada pohon
kering yang berada di tengah tengah
kolam,dan anehnya itu tabung bambu jadi
juga dibikin sarang itu oleh
semut'',mungkin dikarnakan di pohon itu
tidak ada daun untuk dijadikan sarang jadi
semut nyarang di dalam tabung bambu
itu''.dan saya coba membudidayakan
semut rangrang di dalam potongan
bambu,dan alhamdulilah sedikit demi
sedikit mau juga semut bersarang.
Cara pembuatan :
sediakan potongan potongan bambu
kurang lebih 40 cm (sesuai keinginan) 10 biji(semakin banyak
potongan bambu semakin banyak
penghasilan seroto dan bibit),kayu papan
untuk talenan bambu dan papan untuk
bertengger itu semut,dan kita bikin tatakan
untuk nyimpan itu bambu di kolam,kita
bikin di kolam supaya semut tidak
kabur,dan tidak diganggu oleh semut beda
jenis.nah setelah itu kita taro papan pada
tatakan yang sudah kita bikin dan taro itu
bambu diatas papan itu....,setelah itu kita
mindahin bibit segerombolan semut rang
rang bersama ratu ratunya taro di atas
bambu,papan atau langsung kita masukan
kedalam tabung bambunya supaya lebih
cepat bersarang (tiap sarang pasti memiliki
ratu),insya alloh itu semut nyarang
didalam bambu.jangan lupa kasih makanan
secukupnya,tulang tulang hewan,bangkai
apa aja serangga juga mau,sekali kali kasih air gula
karena semua semut sangat
membutuhkan rasa manis.
insya alloh dengan ketelatenan pasti bisa
berkembang.
Perhatian : cara budidaya ini caraku
sendiri,perlu perbaikan,mungkin pabila ada
yang lebih intensif lagi,tolong link ke
blogsaya.

64 komentar:

  1. maaf we ngak ngeti cara perakitan bikin sarang dari bmbu nya... tolong jalaskan lagi ya

    BalasHapus
  2. terlebih dahulu maap gan...cara perakitan diatas memang cara perakitan yang sangat sederhana sekali,seperti yang pernah aku lakukan penumpukan bambunya percis seperti sarang lebah madu...,seperti menumpuk bambu didalam peti,gitu gan...
    Coba aja sembarang juga pasti bisa...cuma yang lebih bagus seperti itu,karena tidak begitu memakan tempat.
    Gan kalo pingin cepet berkembang,cari bibitnya yang ada ratunya dan banyak krotonya,karena kroto sangat penting dan membantu semut untunk mengeluarkan benang benang halus untuk menutupi tabung tabung bambu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nanya lg boss yar lbh jelas,,,, kalau untk cara pemisahan antara kroto dan semutnya d waktu pemanenan, gimana carany? ataupun desain ke media bambunya biyar lbih praktis seperti gimana?

      Hapus
  3. Gan. .. kopas ya buat blogku....tq

    BalasHapus
  4. Wah kalo ada gambarnya bagus nieh artikel

    BalasHapus
  5. smoga ilmunya membawa manfaat bagi kita dan tentunya smg smpyn dpt amal jariyah. Saya jg msh bingung soal model bambu dan papannya, tlng dong dikash gambar. mksh ya

    BalasHapus
  6. Papan itu cuma untuk talenan bambu,diganti pake belahan belahan bambu juga bisa,yang paling penting potongan bambu buat itu nyarang semut,,,tar juga semut menyesuaikan diri,yang penting makanannya banyak,sesuai di hutan...

    BalasHapus
  7. mas hendi, sptx aku sdh agak faham, tp mau ny lg cara meletakkan bambunya tegak atau mendatar, lalu diberi atap atau dibiarkan terbuka.
    mtr suwun mas

    BalasHapus
  8. mendatar,asalkan tidak terlalu panas biarkan terbuka,,trm

    BalasHapus
  9. terima kasih banyak om, ilmunya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  10. saya aris bung, mau ikutan gabung nie,,
    saya mau nanya, cara panennya bagaimana bung?
    berapa lama telor (kroto) berubah menjadi semut??

    BalasHapus
  11. mantap artikelnya,org yg suka memberi akan menerima lebih thanks bro

    BalasHapus
  12. mecaris''makasih.budidaya semut rangrang yang aku jalani cuma untuk mengisi waktu aja,tidak besar,aku biasa kalo ngambil keroto liat tabung yang tutup benang putihnya keliatan tebal karna yang tebal biasa banyak semutnya dan banyak telurnya,masalah waktu tergantung banyak sedikit semutnya,seperti biasa aku lakukan semut dalam waktu sebulan bisa banyak,tabung punya saya ukuran 25 cm.mecaris''makasih.budidaya semut rangrang yang aku jalani cuma untuk mengisi waktu aja,tidak besar,aku biasa kalo ngambil keroto liat tabung yang tutup benang putihnya keliatan tebal karna yang tebal biasa banyak semutnya dan banyak telurnya,masalah waktu tergantung banyak sedikit semutnya,seperti biasa aku lakukan semut dalam waktu sebulan bisa banyak,tabung punya saya ukuran 25 cm.makasih semua atas kepedulianya,,,atas kemauan membudidayakan krotonya,mudah mudahan pengalaman kita bisa membawa hasil amin,,,

    BalasHapus
  13. Nanya bos, bambunya itu berlubang satu apa dua?

    BalasHapus
  14. numpang nanya bos, cara panennya gimana??

    BalasHapus
  15. Mas Hendy, kudoakan khusus buatmu, semoga Allah berikan rahmad dan ridho NYA pada dirimu, karena engkau ga pelit dalam hal ilmu, semoga dimudahkan langkahmu juga rizky mu, amin.

    Ilmu dari mu sungguh sangat bermanfaat dan pengen segera rasanya aku bisa tempati rumah baru untuk siapkan segala 'arahan' darimu, semoga ini bisa jadikan rizky buat aku dan keluarga ku, amin.

    Salam
    Satrio - Surabaya.

    BalasHapus
  16. numpang nanya pak ... cara panennya bagai mana?

    BalasHapus
  17. Ya Allah,, anda baik sekali mas hendy. dr kmrn saya browse tentang budidaya kroto. semua masang tarif, dan menutup untuk memberikan ilmunya kecuali kita bayar. tapi mas ini memberika secara cuma-cuma! semoga Allah melipatkan keuntungan anda, dan memberkahi usaha anda. doakan saya juga yang mau mulai budidaya kroto ini

    BalasHapus
  18. Kang Hendy,
    Upload foto dunk mas biar lebih 'sempurna'..
    Hatur Nuhun..

    BalasHapus
  19. matur tengkyu mas hendy atas pencerahannya.

    BalasHapus
  20. makasih mas....kemaren semutnya kabur semua mas...ada kesalahan dalam kolamnya....jadi masih perlu belajar lagi...

    BalasHapus
  21. Saya dari Batam Mas,
    minta pencerahannya ,gimana cara panenya ya.
    terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  22. asalamualaikum om...sangat bermanfat skali ilmunya om.insyaallah brkah...maaf om sya mau tanya gmn cara panen nya,tiap brapa minggu sekali bs di panen nya,untuk satu tabung menghasilkan brapa ons kroto?
    maksih banyak seblum nya om...:)
    salam

    BalasHapus
  23. alo menurut aqu tinggal ambil bambunya terus di tumpahin di nampan

    BalasHapus
  24. Trimakasih share ilumunya ya mas,,

    Salam Mas Hendy..
    Allah telah berjanji akan memudahkan rezeki bagi hambanya yg bersedia membagi ilmunya,,
    Dan Semoga Allah SWT menepati janjinya untuk anda mas Hendy,,,

    BalasHapus
  25. gan gambarnya bisa diperjelas ga? saya sangat berminat bisnis ini karena modal yang disiapkan ga terlalu besar tapi keuntungannya menjanjikan

    BalasHapus
  26. gan mau nanya nih, apa ratu rang-rang itu bisa terbang ya?,kok di bambu2 waktu saya lihat ratunya tdk ada, padahal pertama kali saya tuangkan semut dan kroto jg ada ratu2nya, kok seminggu kemudian saya lihat , ratunya tdk ada???..tolong pencerahannya gan, hatur suwun , terimakasih

    BalasHapus
  27. buat yang lagi mencoba menangkar semut rangrang,di musim hujan ini berilah atap jangan sampe terlalu kehujanan,supaya semut bisa makan makanannya pada waktu hujan,biar cepet berkembang,untuk pengembangan sarang lebih lanjut,pabila semut sudah terlalu banyak pisahkan dan membuat kumpulan sarang di tempat lain,,,supaya cepet perkembangannya,masalah ratu ada yang terbang itu sudah biasa terjadi di musim sekarang ini itu tidak masalah,,,mudah mudahan anda semua mengerti,karna kebaikan semua ada di tangan anda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  28. buat penangkar semut,jangan terpaku pake bambu.pake peralon dan toples juga bagus,malahan lebih awet dan lebih bagus.

    BalasHapus
  29. trimakasih mas atas pencerahannya...oya,kalau sayap si ratunya di potong aja gimana ya, supaya tdk terbang hehehehe...

    BalasHapus
  30. Terimakasih infonya. Link blog ini saya pasang di blog saya, supaya gampang berkunjung lagi. Salam kenal

    BalasHapus
  31. mas hendi :kalo pake toples itu ditaorh ditanah atau pake tatakan? kalo ada terangin perincianya....salam

    BalasHapus
  32. Alhamd.ktm blog ini..sarang semut rang2 ditempat saya sudah jarang terlihat. Tanaman buah saya selalu terkena wabah kutu putih dan membuat tanaman keliatan kurus..pembudidayaan semut rang2 memang menjadi solusi...oya mas dalM pemberian pakan semut berapa kali seminggu?terimakasih.

    BalasHapus
  33. mas hendi mantaf dah info nya....

    BalasHapus
  34. untuk referensi,silahkan beli buku nya di toko buku gramedia, tdk lgkp sih tp lumayan aj bt d baca, judul buku:budidaya semut rangrang penghasil kroto, karya:ir.wahyudi irawan, penerbit berlian media, harga:@20.500

    BalasHapus
  35. kok cuma nyarang di satu bambu ya... padahal dah hampir sebulan. biar bersarang di bambu sebelahnya gimana caranya? mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  36. Mantap om ilmunya...
    akhirnya nemu juga nie blog yg oke u/ mulai belajar ternak kroto...
    thx yach om u/pencerahan'a....

    BalasHapus
  37. mas semut rang2 tuh habitat idealnya di pohon apa aja ya mas..
    terimakasih untuk pencerahanya,semoga ALLAH SWT membalas kabaikan anda.

    BalasHapus
  38. Terimakasih banyak mas, susah bangat nyari cara berternak semut rangrang, semuanya harus bayar, eh nemu juga disi....
    sekalilagi terimakasih banyak semoga blog ini tambah jaya

    BalasHapus
  39. tank's maz ataz pnjelzn'y semoga maz mendapatkan balazn yg setimpal ataz kbaikan maz yg berzedia menerangkan ttg budidaya kroto..
    Amiin...

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. makasih mas :)
    infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  42. Mas Hendy Cara memberi makannya bagaimana? karena saya sudah mencoba dengan menggunakan bambu dan paralon, tetapi permasalahnnya, ketika kita beri makan dengan daging2an atau yang banyak mengandung protein, semut2 tsb tidak mau makan, terima kassih ilmunya gan !

    BalasHapus
  43. kabar baik semua,,,gimana sudah pada berkembang semutnya...masih gak ngerti.
    Masalah semut tidak mau makan protein itu semua karena semut belum berinterakti terhadap lingkungan sekitar,sarang maupun tempat.kasih airgula putih dulu aja pasti mau,air gula di dalam wadah maupun di semprotkan itu semua bisa.tar sekitar sebulanan pasti mau makan daging dagingan,jangkrik,ulat usus pokonya pasti dia makan.

    BalasHapus
  44. untuk membudidayakan semut pake toples itu lebih praktis.i
    1.telur bisa terlihat
    2.perkembangan semut terpantau
    3.perkembangan telur terpantau
    4.panen lebih gampang
    Masalah modal sama saja masih bisa gunain barang bekas.
    buat yang pake toples biasanya gangguan pada cuaca terkadang pabila terlalu panas toples menguap dan berair,pabila begitu semut biasanya kurang berkembang.


    Pintar anda pasti bisa.
    Coba aja gagal juga gak sampe bunuh diri.

    BalasHapus
  45. Mantaff gan ijin copas dan di coba

    BalasHapus
  46. salam kenal..ada yang mau saya tanyakan,bagai mana cara memanen kroto semut tersebut?baik melalui media bambu/paralon maupun media toples?apakah di panen semua?atau menyisakan untuk perkembang biayakan koloninya lagi?atau dipanen semua terus kita cari sarang semut baru?terima kasih..

    BalasHapus
  47. gan terimakasih infonya saya rasa blog anda sangat membantu membuka pikiran kita berinovasi. oiya mungkin saya memberi sedikit masukan klo tiap bambu diisi satu ratu dan lobang bambu diberi kain kasa yang penting ratu tidak bisa keluar dari bambu namun masih bisa dilewati semut pekerja mungkin prosentase kehilangan ratunya jadi lebih kecil daripada memotong sayapnya khan kasihan :(.

    BalasHapus
  48. mau coba akh.....aku coba yaaa tolong di bimbing kang..!!!!

    BalasHapus
  49. mas hendy,saya sedang mencoba ternak semut dalam toples spt yg mas hendy terangkan diatas. saya mengalami kesulitan karena dalam koloni semut ratunya terbang/tdk ada, sehingga kalo diperhatikan produksi telur lambat sekali,apakah koloni semut akan membuat calon ratu kembali dgn sendirinya atau tdk?.dan berapa lama ratu semut bisa berproduksi?.atau adakah cara lainnya agar ada ratu kembali dalam koloni semut kita?.

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  50. terima kasih banyak mas tas infonya ^_^
    semoga kebaikan mas dibalas dengan kebaikan pula ^_^

    BalasHapus
  51. mas jual koloni semutnya ga??

    BalasHapus
  52. thanks gan info yang sangat inspiratif, saya merasa tertantang untuk memulai budidaya kroto, mudah-mudahan semua kebaikan agan tercatat sebagai amal mulia, dan bertambah sukses buat agan

    BalasHapus
  53. kalau kita ternak di dalam akuarium gimana mas, biar semut ga pada lari ?

    BalasHapus
  54. kenapa punya saya bertelur di luar bambu ya? gimana caranya biar mau bertelur di dalam bambu? trimakasih pencerahannya?

    BalasHapus
  55. menurut ane dalam satu lokasi ada bambu toples ama paralon sehingga produksi bs lebih maksimal. and masalah ratu yg kabur krn tidak betah dgn sikon mending sayapnya digunting sebelah aja biar gak kabur coz nyari ratu itu sulit lo gan hehehhehe

    BalasHapus
  56. mas ku pngen coba.kbneran diblkang rumahku da pohon rambutan yang bnyak semut rang2nya.jg lhan ckup kyknya,gmn tuh enak cara,ngembanginnya,...mohon kebijakannya...

    BalasHapus
  57. maaf mas numpang nanya cara manennya gmn yah klw pake bambu, trus bambunya lubang 1/2. mohon pencerahannya,,,,?

    BalasHapus
  58. Alhamduliilah...sekian lama cari info ttg budidaya kroto, semua hrs transfer dulu tp di sini ... Subhanalloh.. Ente punya hati mulia banget!!!! Semoga msk Syurga ..

    BalasHapus
  59. ada info bibit kroto ngak ?
    kalau frangko batam berapa ya..

    BalasHapus
  60. alhamdulillah...
    akhirnya menemukan solusi budidaya semut rangrang...
    terimakasih pencerahannya...

    BalasHapus
  61. assalamualaikum, Bang Bro, aye dah nyoba, mula2 tu semut betah, udah mau nelor... beberapa hari kemudian... mati satu persatu, akhirnya mati semua... aye nyoba pake toples transparan...

    BalasHapus
  62. assalamualaikum... numpang tanya... ane suka nemuin semut hitam bersayap ada di sarang semut rangrang.... jenis apakah semut itu...? mohon pencerahannya... makasih.

    BalasHapus