Laman

Senin, 24 Januari 2011

burung cipeuw/sirtu/cipoh kacat

Tubuh berukuran kecil sekitar 14 cm,berwarna hijau dan kuning dengan dua garis putih mencolok pada sayapnya.tubuh bagian atas berwarna hijau jaitun,sayap kehitaman sisi bagian sayap berwarna putih,lingkar mata dan tubuh bagian bawah berwarna kuning,ras ditiap masing masing daerah aga berbeda pada bagian warna hijaunya.iris putih keabu abuan,paruh hitam kebiruan,hidup sendiri atau berpasangan.makananya sangat berpareasi seperti sejenis ulat,kumbang,kupu kupu,serangga dan juga suka makan nektar dari bunga bungaan.
Sarang cipeuw berbentuk cawan rapi terbuat dari tumbuhan halus diantaranya dari dahan/daun daunan kecil,biasanya bersarang beberapa meter dari tanah,telur beraneka warna putih,merah jambu,abu abu,berbintik/berbercak merah,abu abu,coklat aga kehitaman,telur berjumlah 2-3 butir,biasanya berkembang biak di musim hujan atau sekitar bulan maret-juni.
Burung cipeuw sekarang ini sering di cari dan di buru untuk di pelihara oleh para penggemar burung kicau,dikarnakan mempunyai suara suara yang merdu dan berpareasi.suara nyanyian berirama ciii pow,ciii pow dengan ahiran pow,dan banyak suara pareasi lainnya.

2 komentar:

  1. di mana donwlod suara burung cipeuw?

    BalasHapus
  2. maaf gan mau nanya. gimana ya merawat sirtu agar cepat bunyi????? soalny berulang kali piara gak bunyi- bunyi dan apabila telat kroto beberapa hari saja stamina burung udah ngedrop dan mati akhirnya.mhon solusinya trima kasih.....

    BalasHapus